Minggu, 16 Juni 2013

Lihat Sikon

Bercanda/ joke merupaka kegiatan yang dilakukan seseorang semata-mata hanya untuk hiburan atau candaan dengan menjahili orang lain, mengolok-ngoloknya atau sedikit membuat tipuan. Memang tidak ada orang yang melarang untuk melakukan hal ini tetapi terkadang beberapa orang melakukannya dengan berlebihan.
Seharusnya, kita sebagai manusia dewasa harus pandai membaca situasi. Ngga Cuma orang dewasa sih sebenernya, remaja apalagi mereka yang punya akal harus tau kapan saatnya bercanda, kapan saatnya harus serius. Terkadang hal ini dapat membuat hubungan seseorang menjadi rengang, bisa saja hal-hal seperti ini dapat menghancurkan pertemanan seseorang yang telah terjalin.
Sebuah kisah nyata yang terjadi dikota Solok beberapa hari lalu. Anak SMP yang terjatuh dari motor karna bergurau dengan temannya. Sebut saja namanya X. Sepulang sekolah X bertemu dengan temannya yang juga hendak pulang dengan menggunakan motor. Ketika itu, si teman telah membonceng teman lain. Ngga tau kenapa, temannya ini bersedia memberikan tumpangan pada si X. Merekapun boncengan dengan muatan lebih, dengan posisi Temen X (sebagai pengendara), temennya X yang satu lagi dan paling belakang si X sendiri.
Di jalan hendak pulang, teman X yang lain bercanda dan tidak sengaja menarik pakaian X sehingga X kehilangan keseimbangan dan terjatuh. X akhirnya muntah-muntah dan dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Kota Solok. Setelah di rontgen, X tidak mengalami retak pada kepala. Kemungkinan X terluka di bagian dalam otaknya atau mungkin sarafnya yang kena.
Kisah lain: diangkat dari film Zombie Island. Si artis membuat lelucon dan berpura-pura menjadi Zombie saat temannya menonton. Alhasil, reflex temannya menembak dan nyawanyapun hilang.

Jadi berpandai-pandailah melihat situasi, kapan harus bercanda-kapan harus serius. Dan juga, berhati-hati dalam berkendara, jangan sampai melanggar peraturan-peraturan yang telah ditetapkan karna itu akan sangat mengganggu baik itu kepada diri sendiri maupun orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar